get app
inews
Aa Read Next : 7 Tempat Wisata Sejarah di Nganjuk, Nomor 2 Cikal Bakal Berdirinya Kabupaten Nganjuk

Candi Ngetos, Berwisata sambil Mengenal Sejarah di Kabupaten Nganjuk

Kamis, 05 Januari 2023 | 11:35 WIB
header img
Candi Ngetos situs bersejarah di Kabupaten Nganjuk, Foto (iNewsNganjuk.id/Meita)

NGANJUK, iNewsNganjuk.id - Candi Ngetos merupakan situs bersejarah di Kabupaten Nganjuk. Terletak di Desa Ngetos, Kecamatan Ngetos, Nganjuk. Situs Candi Ngetos menyimpan banyak sejarah.

Candi Ngetos adalah Candi Hindu yang didirikan pada abad ke -15 pada zaman kerajaan Majapahit.

Candi Ngetos dibangun oleh paman dari Raja Hayam Wuruk yakni Raja Ngabei Siloparwoto dan patihnya Raden Bagus Condrogeni dari Kerajaan Vassal Majapahit. Candi ini dibangun tepat di lereng Gunung Wilis yang merupakan gunung suci di Jawa Timur.

Candi Ngetos merupakan tempat yang digunakan untuk meletakkan sebagian abu kremasi dari Raja Hayam Wuruk. Hayam Wuruk merupakan salah satu Raja Majapahit yang berhasil menyatukan sebagian besar Wilayah Nusantara.

Hal ini menjadi daya tarik wisatawan utamanya pecinta sejarah. Kunjungan wisatawan ini bertujuan melihat langsung tempat abu kremasi Raja Hayam Wuruk.

Candi Ngetos sengaja dibangun untuk memenuhi permintaan Raja Hayam Wuruk yang menginginkan abu kremasinya disimpan di sana.

Candi Ngetos dibangun dengan pondasi batu bata merah khas dengan bangunan era Majapahit. Sayangnya bangunan yang dibangun dengan megah dan kokoh kala itu   kini diketahui telah rusak dan hilang sebagian sisinya.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut