get app
inews
Aa Read Next : Inovasi Terbaru: Kripik Bonggol Pisang dari Limbah Pisang

Peringatan 1 Abad NU, Puluhan Ribu Peziarah Padati Makam KH Hasyim Asy'ari dan Gus Dur

Rabu, 08 Februari 2023 | 18:31 WIB
header img
Suasana di Kompleks makam Ponpes Tebuireng. Ribuan orang berziarah ke makam KH Hasyim Asy'ari dan Gus Dur Foto: iNewsNganjuk.id/Meita

JOMBANG, iNewsNganjuk.id,- Peringatan 1 Abad NU yang digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, dimanfaatkan oleh para peziarah dari berbagai kota untuk berziarah ke makam pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy'ari dan Gus Dur.

Makam pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy'ari dan Gus Dur di kompleks Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang dipadati puluhan ribu peziarah, Selasa (7/2/2023).

Tampak rombongan bus yang terparkir di area parkir makam Gus Dur serta di tepi jalan dekat Pondok Pesantren Tebuireng.

Para rombongan peziarah rata rata dari luar kota Jombang. Mereka datang untuk berziarah ke makam KH Hasyim Asy'ari dan Gus Dur sebagai rangkaian peringatan 1 Abad NU.

Teungku Azwani salah satu pengurus Pondok Pesantren Tebuireng mengatakan, ada puluhan ribu peziarah yang datang kemarin. Dalam tiga hari terakhir jumlah peziarah mencapai kurang lebih sepuluh ribu pengunjung.

" Jadi memang benar, para peziarah datang kebanyakan setelah menghadiri acara peringatan 1 Abad NU di Stadion Gelora Delta Sidoarjo," ungkap Teungku ke tim iNewsNganjuk.id

Teungku Aswani mengatakan para peziarah yang datang dalam tiga hari terakhir kebanyakan dari berbagai provinsi dan berbagai daerah di Indonesia.

" Kemarin kita juga kedatangan 30 bus dari PCNU DKI Jakarta, kemudian tadi pagi dari Garut, Bekasi, ada juga dari Lampung dan Cilacap," tambahnya.

Karena padatnya peziarah sejak pagi, pihak pengelola Pondok Pesantren memperpanjang jam buka makam. Pada hari biasa, makam biasanya di buka dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. Namun kemarin sejak pukul 15.00 WIB masih padat peziarah akhirnya ditambah dua jam.

Syamsuri (53), salah satu peziarah rombongan dari Rembang, Jawa Tengah mengatakan sudah sejak awal berencana ziarah ke makam KH Hasyim Asy'ari.

"Kami ada dua rombongan, habis dari Sidoarjo untuk masuk ke stadionnya tidak bisa hanya diluarnya saja akhirnya memutuskan untuk berziarah ke sini," ungkap Syamsuri.

Ia mengatakan, dirinya beserta rombongan asal Rembang berangkat dari Jawa Tengah Senin (6/2/2023) malam sampai Sidoarjo jam 04.00 WIB di stadion sudah ramai dan tidak bisa masuk.

Syamsuri beserta rombongan sudah berencana untuk mengikuti peringatan 1 Abad NU di Sidoarjo. Kemudian dilanjutkan ziarah ke makam pendiri NU, mulai dari KH Hasyim Asy'ari, KH Abdul Wahab Hasbullah di Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas dan makam KH Bisri Syansuri di Ponpes Mamba'ul Ma'arif Denanyar.

Perlu diketahui, di kompleks makam Pesantren Tebuireng, terdapat makam pendiri NU KH Hasyim Asy'ari, makam Pahlawan Nasional KH Wahid Hasyim serta makam Gus Dur dan makam KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah).

(iNewsNganjuk.id/Meita)

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut