get app
inews
Aa Read Next : Hukum Marah saat Berpuasa, Perspektif Islam dan Relevansi Hadist

Dahsyat! Ini 6 Manfaat Puasa Ramadhan bagi Kesehatan Tubuh Menurut Islam

Kamis, 23 Maret 2023 | 12:23 WIB
header img
Seorang anak berdoa sebelum makan,Foto : iNewsNganjuk.id/ilustrasi

NGANJUK, iNewsNganjuk.id,- Bulan Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu- tunggu oleh semua umat Islam. Berpuasa membawa hal baik salah satunya yaitu bagi kesehatan.

Ibadah yang diwajibkan hanya untuk umat Islam ini mempunyai manfaat tersendiri. Salah satunya puasa Ramadhan maupun puasa sunah. Menurut Islam puasa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Hubungan puasa bagi kesehatan menurut Islam termaktub dalam Hadist Rasulullah SAW.

Dari Abu Hurairah Rasulullah SAW bersabda "Berpuasalah kamu niscaya kamu akan sehat". Kalimat niscaya kamu akan sehat merupakan jaminan dari Rasulullah SAW bagi orang-orang yang menjalankan puasa dengan baik.

Manfaat puasa bagi tubuh juga bisa dibuktikan secara ilmiah, meski harus menahan makan dan minum selama satu hari.

Nah berikut beberapa manfaat puasa bagi kesehatan tubuh menurut Islam

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Walaupun kita tidak makan maupun minum seharian namun hal itu dapat meningkatkan daya tahan tubuh atau kekebalan tubuh. Hal tersebut terjadi karena rasa lapar memicu sel induk menciptakan sel-sel darah putih baru. Seperti diketahui sel darah putih bekerja melawan infeksi yang masuk dalam tubuh. Dengan munculnya sel darah putih baru yang tugasnya melawan bakteri maka kekebalan tubuh kita akan kuat.

2. Mengurangi resiko penyakit jantung

Puasa sendiri akan membantu anda mengontrol tekanan darah, trigliserida, dan kadar kolesterol ketingkat yang lebih aman. Pada saat kita puasa tubuh akan meningkatkan HDL( High Density Lipoprotein) yakni kolesterol baik yang berfungsi mencegah penyempitan pembuluh darah akibat lemak ditubuh. Hal tersebut berkaitan dengan pola makan saat berpuasa. Pola makan saat puasa ini akan membantu mengurangi resiko penyakit jantung.

3. Mengatur ulang sistem kerja tubuh

Selama ini kita memakan makanan sembarangan dan tidak memperhatikan kesehatan, seperti jungfood, makanan bersantan, minuman bersoda, yang tidak pasti waktu konsumsinya. Contohnya seperti setelah anda memakan pizza, satu jam kemudian anda memakan kentang goreng.

Pola makan yang seperti itu membuat tubuh tidak mencerna makanan dengan baik. Pada saat puasa, asupan makanan yang masuk dalam tubuh berhenti untuk sementara waktu. Di waktu itulah, tubuh dapat mengatur ulang sistem kerjanya seperti sedia kala.

4. Dapat mengurangi lemak tubuh

Banyak orang yang kurus selama menjalankan puasa. Itu terjadi karena di dalam tubuh terjadi proses ketosis yakni proses yang terjadi saat tubuh tidak memiliki cukup glukosa untuk energi, sehingga dapat memecah lemak yang tersimpan dalam tubuh. Hal ini menyebabkan peningkatan zat yang disebut keton. Keton ditambah dengan zat sedikit kalori yang dikonsumsi secara keseluruhan, karena puasa dapat mengurangi berat badan.

Namun harus diingat, ini hanya berlaku jika makanan yang dikonsumsi selama puasa mempunyai gizi yang seimbang.

5. Mencegah penyakit diabetes

Puasa yakni membatasi makanan yang masuk dalam tubuh, salah satunya makanan manis dan berlemak. Jadi pada saat kita puasa dapat mengontrol kadar gula yang masuk dalam tubuh sehingga dapat meminimalisir resiko penyakit diabetes.

6. Meningkatkan Fungsi Otak

Puasa juga dapat bermanfaat meningkatkan neutropik yang berfungsi untuk memproduksi lebih banyak sel otak. Dan juga berdampak pada meningkatnya fungsi otak. Dengan begitu kemampuan berfikir seseorang tetap terjaga dan dapat meningkatkan kecerdasan.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Berita iNews Nganjuk di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut