get app
inews
Aa Read Next : Mengatasi Sakit Kepala karena Kecanduan Kopi, Penyebab dan Solusinya

Hati-Hati 5 Bahaya Minum Kopi saat Perut Kosong, Begini Cara Aman Minum Kopi

Jum'at, 19 Mei 2023 | 11:01 WIB
header img
Bahaya jika anda meminum kopi saat perut kosong dapat mengganggu kesehatan. Foto : iNewsNganjuk.id/ Meita

NGANJUK, iNewsNganjuk.id - Hal pertama yang biasa orang lakukan setiap pagi sebelum melakukan aktifitas yakni sarapan dan meminum kopi. Namun, ada sebagian orang yang lngsung meminum kopi saat perut masih kosong.

Kopi merupakan minuman favorit semua orang. Banyak cara untuk menikmati minuman yang satu ini. Bahkan untuk sekarang ini jenis dan macam kopi bervariasi. Untuk penggemar kopi bisa menikmati dengan berbagai rasa, sesuai dengan selera masing- masing pecinta kopi.

Perlu diketahui didalam kopi terdapat kandungan kafein, sehingga kita harus hati- hati dengan hal tersebut. Terutama untuk anda yang mungkin memiliki masalah pada lambung.

Nah jika anda memiliki masalah pada lambung sebaiknya jika ingin mengkonsumsi kopi perut sudah terisi makanan. Jangan meminum kopi jika keadaan perut kosong ini bukan ide yang baik untuk anda.

Nah berikut dampak untuk kesehatan anda jika mengkonsumsi kopi saat perut kosong.

1. Asam lambung naik

Asam lambung ini memekik peran yang penting untuk tubuh anda. Karena asam lambung memiliki peran untuk mendukung kelancaran makanan, dan ini di produksi saat anda anda mengkonsumsi makanan, mencium aroma makanan.

Asam lambung memiliki cairan korosif yang kuat dan jika dibiarkan menggenang dalam lambung tanpa adanya makanan yang masuk untuk diolah oleh lambung. Hal ini dapat merusak lambung.

Kopi ini terbukti untuk merangsang produksi zat asam. Oleh sebab itu jika kita mengkonsumsi kopi saat perut kosong akan meningkatkan keasaman pada perut. Bukan hanya itu dampaknya akan sebabkan radang pada perut, menjadikan perut panas, bahkan bisa menganggu pencernaan.

2. Mudah stres dan mood terganggu

Nah dampak selanjutnya jika anda meminum kopi saat keadaan perut kosong dapat sebabkan mood tiba-tiba berubah. Karena efek kafein dalam kopi inilah yang menimbulkan kegelisahan, perubahan suasana hati, gemetar dan lelah.

Jika anda meminum kopi pada pagi hari saat perut kosong efek inilah yang dapat memperburuk diri anda. Kafein dapat merangsang sistem saraf jika anda meminum kopi terlalu banyak akan menyebabkan tekanan darah tinggi dan denyut jantung semakin cepat.

Karena hal inilah yang menyebabkan anda cepat marah, stres dan cemas. Sebaliknya jika anda mengkonsumsi makanan terlebih dahulu baru minum kopi akan membantu menurunkan pemicu stres. Karena makanan memiliki efek menenangkan pada pencernaan dan sistem saraf.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut