get app
inews
Aa Read Next : Banjir Melanda 2 Desa di Nganjuk akibat Meluapnya Sungai

Uniknya Kampung Kertoembo di Lereng Gunung Wilis, Dihuni 4 KK Sinar Matahari cuma 5 Jam

Sabtu, 27 Mei 2023 | 15:33 WIB
header img
Keunikan kampung Kertoembo yang dihuni 4 KK dan hanya mendapatkan sinar matahari selama 5 jam. Foto : iNewsNganjuk.id/ Meita.

MADIUN, iNewsNganjuk.id - Jawa Timur memiliki banyak keunikan dari desanya, adat istiadat, mitos maupun misterinya. Namun disini kita akan membahas salah salah keunikan salah satu desa yang ada di Jawa Timur.

Pelosok Jawa Timur memiliki cerita unik yang belum tentu ada di desa- desa lainnya di Jawa Timur. Terdapat kampung langka dan unik yakni hanya merasakan sinar matahari mulai dari pukul 10.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB.

Ya kampung unik ini berada di pelosok Jawa Timur yang mungkin belum banyak di ketahui orang. Bukan hanya keunikan kampung yang hanya memiliki waktu siang yang begitu singkat. Namun pemandangan alamnya juga sangatlah indah yang dapat memanjakan mata anda jika anda berkunjung ke kampung ini.

Kampung unik, asri, indah dan sejuk yang hanya mendapatkan sinar matahari selama 5 jam ini berada di gunung Wilis tepatnya di Kampung Kertoembo, kecamatan Kare, Kabupaten Madiun.

Kampung ini merupakan kampung terpencil yang berada di tengah hutan dikawasan lereng gunung Wilis. Kampung Kertoembo ini hanya dihuni oleh 4 KK dan sudah ada sejak zaman Belanda. Pada awalnya kampung ini didirikan untuk karyawan yang berkerja di perkebunan kopi Kandangan.

Kampung ini begitu indah, asri dan penuh dengan kenyamanan. Di kampung ini dikelilingi dengan hutan yang masih terjaga. Saat kita baru memasuki kampung ini terdapat jembatan kayu dengan dibawanya terdapat aliran sungai dengan air yang sangat jernih. Tidak jauh dari kampung ini terdapat air terjun Kertoembo.

Meskipun Kampung ini hanya dihuni oleh 4 KK namun memiliki fasilitas yang lengkap. Di tengah kampung terdapat Mushola untuk tempat beribadah, di sebelaha musholla juga terdapat kamar mandi.

Kampung Kertoembo ini merupakan perkampungan PT perkebunan Kopi Kandangan Kare Madiun, dan ini merupakan perkampungan mulai dahulu. Kampung ini dikelilingi oleh perkebunan kopi yang sangat luas.

Kampung ini berbatasan dengan tiga kampung yakni kampung Banaran, Kampung Jladri, dan seran.

Kampung Kertoembo ini berada di dasar lembaah gunung Wilis sehingga matahati sulit menembus Desa. Hal inilah yang menjadikan kampung ini unik dan langka karena masyarakatnya hanya bisa merasakan sinar matahari selama 5 jam.

Perkampungan Kertoembo ini diberada di PT Perkebunan Kopi Kandangan Pare, Madiun. Rumah disini juga tidak ada yang mewah karena rumahnya hanya berdinding papan kayu.

Walaupun kampung ini hanya dihuni oleh 4 KK kehidupan warga dikampung berdampingan dan saling membantu.

Selain keunikan yang hanya di huni oleh 4 KK dan hanya mendapatkan sinar matahari 5 jam. Pesona alam di Kampung ini sangatlah indah, ditambah dengan keindahan air terjun yang memiliki air yang begitu jernih. Menambah indah dan asri Kampung ini.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Berita iNews Nganjuk di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut