get app
inews
Aa Read Next : Unik! TPS Pemilu di Desa Kuncir Dihias dengan Nuansa Pernikahan Jawa

Kampung Unik dan Terpencil di Trenggalek, Warganya Kreatif dan Mandiri Meski Tanpa Aliran Listrik

Senin, 12 Juni 2023 | 19:39 WIB
header img
Kampung unik dan terpencil di Trenggalek. Foto: iNewsNganjuk.id/Meita.

TRENGGALEK, iNewsNganjuk.id – Trenggalek merupakan Kabupaten yang ada di Jawa Timur, di samping pemandangan yang indah Trenggalek memiliki Kampung terpencil dan unik yang memiliki daya tarik tersendiri.  Terletak kurang lebih 5 kilometer dari jalan Nasional Tulungagung dan Trenggalek  akses menuju Kampung ini tidak mudah.

Jalan menuju Kampung ini berupa tanjakan ekstrim dan sempit  mobil pun tidak bisa menjangkau Kampung ini. Sebagian jalan sudah diaspal namun sebagian jalan lagi masih berupa tanah dan bebatuan. Perjuangan untuk menuju Kampung ini akan terbayar dengan berbagai keunikan dan keistimewaan Kampung di Trenggalek.

Kampung yang berada di atas gunung ini yakni Kampung Gemblung. Kampung ini hanya dihuni oleh satu RT. Kampung ini masuk ke wilayah Desa Kendalrejo, Kecamatan Durenan, Kabupaten Trenggalek. Jumlah penduduk di Kampung ini sangat sedikit yakni hanya ada 63 jiwa. Padahal waktu dahulu kampung ini memiliki banyak penduduk. Berkurangnya penduduk di Kampung ini karena faktor perpindahan penduduk karena mencari tempat yang lebih enak.

Sebagian penduduk memilih pindah karena ingin memiliki kehidupan yang layak, dekat dan memiliki segala fasilitas. Meskipun warganya hanya 63 jiwa namun yang unik dan menarik di kampung ini warganya memiliki jiwa yang mandiri dan kreatif. Kendala yang dihadapi oleh kampung ini yakni belum dialiri listrik dari PLN, namun bukan berarti kampung ini belum ada listriknya. 

Aliran listrik yang didapat kampung ini yakni menyalur dari kampung yang ada dibawahnya. Jaringan listrik dari PLN belum masuk karena keberadaan kampung ini terlalu jauh dan sulit untuk dijangkau serta  warga kampung yang sedikit. Namun warga di kampung ini juga menggunakan panel surya sebagai sumber alternatif  lain untuk memenuhi kebutuhan listrik. Kreatifitas dari warga  ini sangat baik dan patut mendapatkan apresiasi.

Mata pencaharian warga kampung ini mayoritas petani dan menggantungkan hidup dari hasil bumi. Namun dengan keterbatasan dari kampung ini warganya memiliki kreatifitas dan keahlian dalam seni bonsai. Kreatifitas dan keahliaan dalam merawat dan membentuk bonsai yang memiliki karya seni dilirik oleh para pecinta bonsai dari luar kota.

Keterpencilan kampung ini warganya harus siap siaga. 

Misalnya jika ada warga yang akan melahirkan warga harus mempersiapkan lebih awal karena tempat untuk menuju rumah sakit memerlukan perjalanan yang cukup sulit. Bukan hanya hal tersebut saja jika ada warga yang sakit, warga yang lainnya harus bekerjasama untuk menandu yang sakit ke kampung di bawahnya untuk mendapatkan perawatan yang memadai.

Gotong royong yang dijunjung tinggi oleh warga kampung ini menjadi kunci untuk menghadapi kesulitan di kampung ini. Kampung Gemblung ini merupakan cerminan dari kehidupan yang sederhana dan penuh semangat di tengah ketepencilan dan kekurangan.

Editor : Agus suprianto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut