get app
inews
Aa Read Next : Unik! TPS Pemilu di Desa Kuncir Dihias dengan Nuansa Pernikahan Jawa

Unik! 3 Suku Indonesia Bermata Biru seperti Orang Eropa

Kamis, 15 Juni 2023 | 15:12 WIB
header img
Suku unik di Indonesia yang memilik mata berwarna biru seperti orang Eropa. Foto : iNewsNganjuk.id/ ilustrasi.

JAKARTA, iNewsNganjuk.id - Indonesia sebagai bangsa besar serta negara seribu pulau, dengan dihuni oleh beberapa suku bangsa dan beragam budaya serta adat istiadat. Selain beragam budaya dan adat istiadat juga memiliki suku yang berbeda.

Ada suku yang memiliki tubuh tegap, kulit sawo matang dan kulit putih. Serta dapat dikenali dengan ciri dari rambut dan bahasa yang digunakan. Nah ada sebagian suku di Indonesia memiliki mata berwarna biru sejak lahir.

Di Indonesia kebanyakan penduduknya memiliki mata yang berwarna coklat dan hitam. Nah orang Indonesia khususnya para wanita ingin memiliki mata yang cantik dengan warna berbeda mengganggu softlens di mata mereka. Namun taukah anda jika di Indonesia ada penduduknya yang bermata biru.

Pada zaman dahulu di Indonesia banyak disinggahi oleh bangsa Eropa. Kemudian ada yang menetap di Indonesia dan menikahi penduduk asli Indonesia kemudian memiliki anak. Anak yang dilahirkan pun memiliki mata berwarna biru dan kulit yang putih seperti orang Eropa.

Nah berikut 3 suku yang memiliki mata berwarna biru

1. Desa Lamno Aceh

Desa Lamno terkenal dengan sebutan Kampung Bule. Lokasi kampung ini yakni di Desa Lamno, Kecamatan Jaya, Aceh. Nah anda tidak perlu jauh-jauh ke Eropa jika ingin melihat bule. Desa Lamo ini merupakan salah satu Desa unik di Indonesia.

Sebagian masyarakat Desa Lamo ini memiliki ciri fisik seperti orang Eropa. Mereka berbeda dengan warga Aceh kebanyakan. Warga Lamo disebut- sebut dengan anak cucu dari bangsa Portugis. Pada zaman dahulu orang Portugis yang datang ke Aceh menikahi warga Aceh.

Masyarakat Desa Lamo ini memiliki ciri fisik postur tubuh tinggi, berkulit putih, hidung yang mancung dan bermata biru. Setelah bencana tsunami tahun 2004 silam hampir membuat punah keturunan warga Portugis di Desa Namo ini.

2. Suku Buton

Suku Buton merupakan suku yang ada di Sulawesi Tenggara. Suku ini dikenal memiliki mata berwarna biru terang dan berkulit coklat. Mata biru dari suku ini diturunkan dari nenek moyang, dan penyebabnya adalah adanya sindrom waardenburg.

Sindrom waardenburg ini yakni kelainan langka yang menyebabkan mata berwarna merah biru dan kemerahan. Ciri utama Sindrom waardenburg ini yakni warna mata yang berbeda satu sama yang lainnya. Dan ini biasanya dialami oleh 1 dari 42 ribu orang.

Suku Buton ini dapat ditemui dengan jumlah yang banyak di luar Sulawesi Tenggara, seperti Maluku Utara, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Papua. Hal ini terjadi karena migrasi warga Buton pada tahun 1920.

Suku Buton ini merupakan suku pelaut, orang Buton ini merantau ke seluruh pelosok Nusantara dengan menggunakan perahu berukuran kecil dengan ditumpangi oleh 5 orang. Selain itu juga mempunyai perahu besar yang dapat memuat barang sekitar 150 ton.

3. Suku Lingon

Suku Lingon merupakan suku pedalaman di Halmahera, Provinsi Maluku Utara. Suku ini dikenal karena memiliki ciri fisik ras Kaukosaid yakni memiliki kulit yang putih, rambut pirang, dan memiliki mata berwarna biru.

Suku ini berbeda dengan suku yang ada di Indonesia dengan mayoritas memiliki ciri berkulit coklat, bermata coklat kehitaman dan berambut hitam. Karena memiliki ciri fisik seperti orang bule tidak heran jika suku Lingon berwajah cantik dan ganteng.

Masyarakat Lingon sendiri tidak menyadari kelebihannya tersebut. Menurut cerita dari masyarakat karena kecantikannya ini suku Lingon pernah diculik oleh suku lain untuk dijadikan istri. Menurut kabar yang beredar suku Lingon ini sudah punah ada juga yang mengatakan jika suku ini merupakan menjauh agar tidak di usik oleh suku lain.

Nah itulah suku unik yang ada di Indonesia dengan ciri bermata biru.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut