get app
inews
Aa Read Next : Peringatan Isra Mi'raj di Nganjuk Momen Kebersamaan dan Menguatkan Persatuan

Apa Itu Isra' Mikraj? Pengertian dan 7 Hikmah di Baliknya

Senin, 29 Januari 2024 | 11:35 WIB
header img
Pengertian dan hikmah dari isra' mi'raj. Foto : iNewsNganjuk.id/ ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id - Isra Miraj adalah kejadian penting dalam ajaran Islam di mana Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, kemudian dinaikkan ke langit ketujuh dalam semalam. Meskipun sulit dipahami secara logis, peristiwa ini dianggap sebagai mukjizat yang harus dipercayai oleh setiap muslim.

Mengenai pengertian kedua istilah, "Isra" merujuk pada perjalanan malam dari Makkah ke Jerusalem, sedangkan "Miraj" menggambarkan naiknya Nabi Muhammad ke langit ketujuh.

Pengertian Isra' dan Mi'raj

Dalam bahasa Arab, Isra Miraj umumnya dituliskan sebagai al-'Isra' wal-Mi'raj (الإسراء والمعراج). Istilah ini terdiri dari dua kata, yaitu isra' dan mi'raj, yang memiliki makna berbeda.

Kata "isra'" berasal dari kata "sara" yang berarti 'perjalanan malam'. Sedangkan "mi'raj" dalam bahasa Arab dapat diartikan sebagai 'kendaraan', 'alat untuk naik', atau 'tangga', dengan bentuk jamaknya "ma'arij" yang merujuk pada 'tempat-tempat naik'.

Isra' merujuk pada perjalanan malam Rasulullah SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa, sementara mi'raj menggambarkan perjalanan naiknya beliau dari Masjidil Aqsa ke langit tujuh, mencapai Sidratul Muntaha, dan akhirnya mencapai Mustawa.

Tujuan Rasulullah SAW melakukan Isra' Mi'raj

Salah satu tujuan utama di balik pengalaman Isra Miraj bagi Rasulullah SAW adalah untuk menampakkan secara langsung tanda-tanda kekuasaan dan keagungan Allah, sesuai dengan yang ditegaskan dalam Surah Al-Isra ayat 1.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut