Ladang Pahala, 10 Amalan Sunnah yang Dianjurkan Selama Bulan Ramadhan

Meita Nila Sari
Ibu-ibu sedang membaca Alquran, salah satu amalan sunnah bulan Ramadhan. Foto: iNewsNganjuk.id/ilustrasi

NGANJUK, iNewsNganjuk.id,- Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan ampunan. Dibulan Ramadhan kita umat Islam juga diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa. Selain itu banyak amalan lain yang bisa kita kerjakan.

Sebagai bulan yang penuh ampunan, semua orang berlomba -lomba berbuat kebajikan untuk mendapatkan pahala yang berlipat.

Selain bulan Ramadhan, dibulan lain pun amalan dan perbuatan baik akan mendapatkan pahala dan tak kalah baik.

Namun, amalan dibulan Ramadhan apabila dilakukan dengan rutin akan mendapatkan pahala dan berkah yang berlipat.

Nah amalan-amalan sunnah apa yang dianjurkan dan mendapatkan pahala yang berlipat jika di kerjakan dibulan Ramadhan.

1. Melaksanakan sahur

Selain untuk mengisi tenaga pada waktu siang hari saat kita puasa, sahur merupakan salah satu amalan sunah dibulan Ramadhan. Pada saat pelaksanaannya lebih dianjurkan untuk mengakhirkan sahur selama tidak sampai waktu yang diragukan.

Rasulullah SAW bersabda:
" Makan sahur itu mengandung berkah, maka janganlah kalian meninggalkan kan walaupun hanya makan sebiji kurma."

Sahur juga bisa meningkatkan keikhlasan dalam menjalankan ibadah puasa.

2. Segera berbuka puasa

Menyegarakan berbuka merupakan amalan dibulan Ramadhan. Hendaklah ketika adzan Magrib berkumandang kita segera berbuka atau membatalkan puasa. Selain itu berbuka dianjurkan memakan kurma namun apabila tidak ada bisa dengan air putih dan makan makanan yang manis.

3. Memperbanyak membaca Alquran

Membaca Alquran merupakan amalan sunah yang dianjurkan saat bulan Ramadhan. Kamu bisa membuat target katam 30 Juz dalam 1 bulan ini. Membaca Alquran ini banyak dianjurkan oleh para ulama.

4. Memperbanyak sedekah

Selama bulan Ramadhan banyaklah bersedekah ataupun infak. Bersedekah tidak harus berupa uang, kita bisa menyediakan makanan dan minuman untuk orang yang akan berbuka puasa. Karena memberi makan orang yang sedang berpuasa pahalanya setara dengan orang yang sedang berpuasa.

5. Berdoa saat akan berbuka

Pada saat Magrib berkumandang hendak langsung membaca doa berbuka puasa sebelum menyantap makanan atau membatalkan puasa.

Doa buka puasa sebagai berikut

" Allahumma laka sumtu wa bika amantu wa ‘alaika tawakkaltu wa ‘ala rizqika aftartu”

6. I'tikaf di Masjid

Sebaiknya I'tikaf di masjid dilakukan selama 1 bulan penuh namun jika tidak bisa lakukan pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. Dengan cara berdiam diri di masjid. Tujuannya sendiri untuk menjernihkan pikiran dan fokus beribadah kepada Allah SWT karena pada malam 10 trakhir terdapat malam Lailatul Qadar.

7. Sholat malam

Sebaiknya anda jangan sampai melewatkan rutinitas sholat malam pada saat bulan Ramadhan. Karena amalan bulan Ramadhan ini jika dikerjakan dibulan lainnya mendapatkan pahala. Jika dikerjakan saat bulan Ramadhan pahalanya akan berlipat.

8. Menjalankan sholat tarawih

Sholat tarawih merupakan ibadah sunnah yang dikerjakan hanya pada bulan Ramadhan dan pelaksanaannya dikerjakan pada malam hari setelah sholat Isya'. Sholat tarawih terdiri dari 8 rakaat dan 3 rakaat witir.

9. Zakat fitrah

Zakat fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan oleh umat Islam pada bulan Ramadhan. Besaran zakat yang di lkeluarkan setara dengan makanan atau beras sebesar 2,5 kg. Pembayaran zakat fitrah dilakukan paling lambat sebelum sholat idul Fitri.
 

10. Memperbanyak doa

Selama bulan Ramadhan umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak doa. Doa merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam dan dapat membantu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain itu doa juga dapat membantu kesulitan dan menambah keberkahan.

Nah itulah beberapa amalan sunah yang dianjurkan selama bulan Ramadhan. Semoga dengan amalan-amalan tersebut dapat menambah keberkahan serta mendapat pahala yang besar dari Allah SWT.

Editor : Meita Nila Sari

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network