8 Efek Samping akibat Penggunaan secara Berlebihan Bunga Lawang

Sintya Gadis Sherly
efek samping penggunaan secara berlebihan bunga lawang. foto: iNewsNganjuk.id/ilustrasi.

NGANJUK, iNewsNganjuk.id, -Bunga lawang atau yang juga dikenal sebagai bunga cengkeh memiliki beragam manfaat, tetapi konsumsinya perlu diwaspadai karena dapat menyebabkan efek samping

Beberapa efek samping yang mungkin timbul akibat penggunaan berlebihan atau tidak sesuai adalah:

1. Iritasi Lambung

Penggunaan berlebihan bunga lawang dapat menyebabkan iritasi pada lambung, yang mungkin mengakibatkan mual, muntah, atau masalah pencernaan lainnya.

2. Reaksi Alergi

Beberapa individu dapat mengalami reaksi alergi terhadap bunga lawang, seperti gatal-gatal, ruam kulit, atau bahkan sesak napas.

3. Gangguan Pencernaan

Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti perut kembung, diare, atau konstipasi.

4. Efek Neurotoksik

Zat-zat tertentu dalam bunga lawang dapat memiliki dampak negatif pada sistem saraf, menyebabkan gejala neurotoksik seperti kebingungan atau pusing.

5. Gangguan Pendarahan

Bunga lawang dapat memengaruhi pembekuan darah, sehingga konsumsi berlebihan dapat meningkatkan risiko gangguan pendarahan.

6. Interaksi Obat

Ada kemungkinan interaksi antara bunga lawang dan obat-obatan tertentu, seperti obat pengencer darah, yang dapat memengaruhi efektivitas pengobatan.

7. Efek Hormonal

Beberapa senyawa dalam bunga lawang dapat memengaruhi kadar hormon dalam tubuh, dengan potensi dampak pada sistem endokrin.

8. Efek Toksik pada Dosis Tinggi

Dalam dosis tinggi, bunga lawang dapat menjadi toksik dan menyebabkan gejala serius seperti kejang atau gangguan pernapasan. Oleh karena itu, penting untuk mengonsumsinya dengan hati-hati dan sesuai dengan dosis yang direkomendasikan.

Sebaiknya, konsumsi bunga lawang harus disesuaikan dengan dosis yang direkomendasikan dan selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan sebelum mengonsumsinya secara berlebihan atau jika anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Editor : Agus suprianto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network