get app
inews
Aa Read Next : Usaha Home Made Sablon Cup Gelas Plastik Membuka Peluang Bisnis Kreatif di Rumah

Uniknya Dumbleg Jajanan Tradisional Khas Nganjuk, Rasanya Dijamin Menggoyang Lidah

Jum'at, 06 Januari 2023 | 10:34 WIB
header img
Dumbleg makanan manis dan legit khas Nganjuk yang tak kalah lezat dari pudak makanan khas Gresik, Foto (iNewsNganjuk.id/ Meita)

Nganjuk, iNewsNganjuk.id, Jika berbicara makanan khas Nganjuk pasti yang terlintas adalah Nasi Becek. Padahal selain kuliner berbahan daging kambing ini masih ada makanan yang namanya Dumbleg.

Dumbleg merupakan makanan manis asli Kota Nganjuk yang tak kalah lezat dari Pudak makanan khas Kota Gresik. Sayangnya nama Dumbleg barang kali tidak populer di kalangan Masyarakat Jawa Timur.

Makanan unik khas Nganjuk ini memang mirip Pudak (makanan khas Gresik) namun yang membuat berbeda dari keduanya adalah rasa dan bentuknya. Rasa Dumbleg manis dan legit bentuknya lonjong seperti lontong. Berbahan dasar tepung beras, gula jawa dan santan yang dibungkus dengan pelepah jambe.

Dumbleg makanan khas yang bisa ditemui di Pasar Gondang dan Pasar Rejoso tepatnya di Pasar Pon Gondang dan Pasar Kliwon Rejoso Nganjuk. Pada hari Minggu juga bisa ditemui di Alun-alun Nganjuk.

Dumbleg ada dua fariasi rasa yaitu Dumbleg merah untuk rasa gula merah, Dumblek putih untuk rasa santan.

Namun seiring dengan perkembangan zaman, masyarakat setempat mulai memvariasi Dumbleg, mulai dari tampilannya dan cara makannya. Varian Dumblek ada yang dikasih parutan kelapa dan keju ,ada juga cara makannya dengan dicelupkan kedalam coklat.

Rasa Dumblek yang manis dan gurih membuat Dumbleg cocok dikombinasikan dengan apapun, termasuk dengan berbagai minuman terutama minuman hangat.

Harganya beragam tergantung ukuran, ukuran standar per biji seharga Rp8.000, jika ukuran lebih kecil bisa lebih murah, dan jika ukuran nya lebih besar dan padat bisa dibandrol seharga Rp9.000 sampai Rp10.000

Editor : Meita Nila Sari

Follow Berita iNews Nganjuk di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut