Logo Network
Network

Jombang Olah Buah Salak Jadi Bermacam Makanan dan Minuman, Omzetnya Puluhan Juta Rupiah

Meita Nila Sari
.
Rabu, 25 Januari 2023 | 10:51 WIB
Jombang Olah Buah Salak Jadi Bermacam Makanan dan Minuman, Omzetnya Puluhan Juta Rupiah
Salah satu pembeli yang sedang membeli oleh - oleh keripik salak di outlet Kunara. (Foto: iNewsNganjuk.id/Meita)

Jombang, iNewsNganjuk.com,- Buah Salak merupakan buah khas Indonesia yang memiliki rasa manis dan bertekstur mangkal. Mempunyai kulit yang kaku dan tajam sehingga tak sedikit orang merasa malas memakan buah ini walaupun rasanya enak dan manis

Hal Inilah yang dimanfaatkan dengan baik oleh pemilik UMKM asal Jombang Kuswantoro, yaitu Kunara sentra produksi buah salak, yang berada di Desa Kedungrejo Kecamatan Megaluh Jombang. Yang berinovasi memakan buah salak tanpa mengupas kulitnya.

Di outlet Kunara ini berbagai olahan buah salak ada disini. Buah salak sendiri mengandung banyak nutrisi seperti protein, kalsium, vitamin c, zat besi, beta karotin, dan karbohidrat. Kekayaan nutrisi inilah yang menjadikan buah salak kaya akan manfaat bagi tubuh.

Kebanyakan pembeli mengunjungi outlet Kunara ini membeli oleh-oleh untuk keluarga. Produksi olahan salak ini sudah berdiri sejak tahun 2012 dengan menghadirkan berbagai olahan salak agar orang mudah memakan buah salak tanpa mengupas kulitnya.

Produksi olahan salak dari sentra ini lngsung dipetik dari pohonnya, dikupas dan dipisahkan dari kulitnya. Buah dan kulitnya diolah menjadi berbagai macam makan dan minuman.

"Jadi produk kita itu adalah berbagai olahan dari buah salak segar. Dan yang banyak diminati oleh pelanggan adalah keripik salak dan ada juga dodol salak, semua itu murni dari salak lokal,"ungkap Kuswantoro

"Jadi semua produk kita murni dari buah salak jadi kalau dibuat dodol tidak ngilu di gigi, mengandung banyak nutrisi dan vitamin," tambahnya.

Selain keripik salak dan dodol salak, ia juga menyulap buah salak menjadi aneka makanan yang unik berbeda dengan yang lainnya. Seperti roti salak, teh kulit salak, kopi biji salak, serta sirup dari buah salak.

" Karena limbah dari buah salak ini ada biji dan kulit, jadi kita manfaatkan sekalian menjadi berbagai makanan dan minuman yang sehat," ungkapnya.

Berbagai jenis olahan dari buah salak ini di jual dengan harga beragam. Untuk sari buah harga tertinggi di bandrol Rp25.000 dan untuk harga terendah Rp2.500.

Menurut Kuswantoro omzet yang di dapatkan dari penjualan makanan dan minuman dari olahan salak ini mencapai puluhan juta rupiah.

Berbagai produk makanan berbahan dasar dari salak yang sudah di kemas rapi itu dijual di outlet dan juga di berbagai layanan pengantaran online dan marketplace serta di berbagai toko-toko modern seluruh Indonesia hingga mancanegara.

(iNewsNganjuk.id/Meita)

Editor : Meita Nila Sari
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.