Logo Network
Network

Inilah 6 Cara Menurunkan Kadar Kolesterol di Usia Muda

Meita Nila Sari
.
Kamis, 26 Januari 2023 | 11:16 WIB
Inilah 6 Cara Menurunkan Kadar Kolesterol di Usia Muda
Buah apel salah satu buah kaya serat yang dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol, (foto: iNewsNganjuk.id/Meita)

Nganjuk, iNewsNganjuk.id,- Pola makan yang buruk bisa memicu kadar kolesterol seseorang tidak terkontrol. Jika semakin dibiarkan akan memicu penyakit yang lainnya, khususnya penyakit stroke dan gangguan jantung.

Kadar kolesterol total terbilang aman jika tidak melebihi 200 mg/dL. Angka tersebut merupakan gabungan dari kolesterol jahat atau Low Density Lipoprotein (LDL) dan kolesterol baik atau High Density Lipoprotein (HDL). Adapula trigliserida, yaitu jenis lemak yang berguna sebagai cadangan energi. Trigliserida dikatakan normal jika di bawah 150mg/dL.

Meski kolesterol dapat diwariskan, kolesterol tinggi sering disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat. Sehingga dapat diobati, diet sehat, olahraga yang teratur bisa menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh.

Berikut cara menurunkan kolesterol tinggi di usia muda :

1. Olahraga secara rutin

Cara menurunkan kolesterol adalah dengan olahraga secara rutin. Aktivitas fisik dapat membantu meningkatkan kolesterol high-dencity lipoprotein (HDL), kolesterol baik.

Aktivitas fisik terbukti dapat memperbaiki kadar kolesterol dalam tubuh. Usahakan untuk berolahraga sekurang- kurangnya 30-60 menit setiap hari. Misalnya jogging, bersepeda, jalan kaki, atau berenang.

2. Menerapkan pola makan yang sehat

Membatasi konsumsi makanan yang mengandung kolesterol dan menghindari konsumsi minuman beralkohol. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah, sayur, dan ikan.

3. Menurunkan berat badan berlebih

Dalam beberapa penelitian, berat badan ekstra cukup berpengaruh terhadap kolesterol tinggi. Tidak harus melakukan diet ketat atau olahraga ekstra, namun cukup perubahan kecil yang dilakukan secara konsisten.

Sebagai contoh, ganti minuman manis dengan air putih, hindari camilan dengan kadar gula tinggi, hingga lakukan aktivitas fisik ringan dalam keseharian saat bekerja.

4. Minum Teh

Teh hijau mengandung antioksidan dan katekin yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, kehadiran kafein membantu meningkatkan kadar kolesterol baik

Teh hitam juga diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, namun tidak sebanyak teh hijau karena jumlah katekin yang lebih tinggi didalamnya.

5. Mengkonsumsi makanan banyak serat larut

Makanan kaya serat larut membantu mencegah penyerapan kolesterol melalui sistem pencernaan. Makanan ini terdiri dari sereal yang dibuat dengan biji-bijian utuh, seperti gandum, oatmeal, apel, pisang, jeruk, pir dan buah-buahan lainnya, dan kacang - kacangan seperti kacang lima, buncis, kacang merah.

6. Hindari makanan yang digoreng

Abaikan teknik memasak yang berat, jadi tidak ada makanan yang digoreng, dilapisi tepung roti, atau diberi saus berat. Sebagai gantinya, pilihlah hidangan sederhana yang tidak memerlukan penambahan lemak.

Panggang, kukus, dan bakar bisa sebagai pilihan menarik. Pastikan hidangan tidak dipanggang dengan lapisan keju atau lemak lainnya.

Jika cara menurunkan kolesterol di usia muda tersebut dirasa kurang cukup, masyarakat bisa minta bantuan dokter untuk merekomendasikan suplemen atau terapi obat guna menjaga kadar kolesterol. Jangan lupa untuk mengecek kolesterol secara rutin.

(iNewsNganjuk.id/Meita)

Editor : Meita Nila Sari
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.