get app
inews
Aa Read Next : Simak dan Ketahui Kapan Puasa Ramadhan 2024

5 Keutamaan Memberi Makan Orang berpuasa, Salah Satunya Jalan Menuju Surga

Jum'at, 31 Maret 2023 | 10:25 WIB
header img
Memberi makan orang yang berbuka memilki banyak keutamaan. Foto : iNewsNganjuk.id/ilustrasi

NGANJUK, iNewsNganjuk.id,- Bulan Ramadhan merupakan bulan dimana semua umat Muslim belomba- lomba untuk mencari pahala dan keberkahan. Dan begitu banyak amalan dan keberkahan yang  dapat kita lakukan di bulan yang penuh berkah dan ampunan.

Salah satunya yakni memberi makan orang yang sedang buka puasa. Selain dapat memberikan kesenangan untuk orang lain, memberi makan orang yang berbuat puasa mendapatkan banyak keutamaan bagi si pemberi.

Nah apa saja keutamaan bagi orang yang memberi makan kepada orang yang berbuka puasa.

1. Mendapatkan pahala dari orang yang berpuasa

Sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, memberi makan orang yang berpuasa akan membuat kita mendapatkan pahala tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut.

Dari Zaid bin Khalid Al - Juhani Ra, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda:

" Siapa memberi makan orang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang berpuasa sedikit pun juga," (HR Tirmidzi no. 807).

2. Diampuni Dosa-dosanya

Dalam Syarah Riyadhus Salihin jilid 3, Imam Nawawi menjelaskan bahwa dalam memberi makanan orang yang berpuasa tidak harus banyak dan mewah. Berbuka dengan seteguk air dan kurma pun sudah mendapatkan pahala.

Para sahabat bertanya," tidak semua diantara kami mempunyai makanan untuk diberikan kepada orang yang berpuasa,".

Rasulullah SAW menjawab," Allah SWT memberikan pahala ini kepada orang yang memberi makan orang berpuasa, meskipun hanya dengan sebutir kurma, seteguk minum, ataupun sepotong roti,".

3. Doanya tidak akan ditolak

Diantara keutamaan lain dari memberi makan orang yang berpuasa yakni doa orang yang kita beri makanan. Jika orang yang menyantap makanan yang kita beri dan mendoakan orang yang memberi, sesungguhnya doa tersebut tidak akan ditolak. Karena memang doa orang - orang berbuka puasa adalah doa yang mustajab.

Rasulullah SAW pernah bersabda

" Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak, Pemimpin Yang adil, orang yang berpuasa ketika ia berbuka, ora yang terdzolimi,".

Ketika berbuka puasa adalah waktu terkabulnya doa karena orang yang berpuasa telah menyelesaikan ibadahnya dalam keadaan tunduk dan merendahkan diri.

4. Jalan menuju Surga

Dengan banyak bersedekah memberi makan orang yang berbuka puasa dan dibarengi dengan berpuasa itulah jalan menuju surga.

Seperti hadist dari Ali bin Abi Thalib, Rasulullah SAW berkata:

" Sesungguhnya di surga terdapat kamar- kamar yang mana bagian luarnya terlihat dari dalam dan bagian dalamnya terlihat dari bagian luarnya." Lantas seorang Badui berdiri sambil berkata," Bagi siapa kamar-kamr itu diperuntukkan wahai Rasulullah?" Nabi Shalallahu alaihi wa sallam menjawab," untuk orang yang berkata benar, memberi makan,dan yang senantiasa berpuasa dan sholat di malam hari di waktu manusia pada tidur,".

5. Di doakan Malaikat

Keutamaan yang lain ketika memberi makan ke pada orang yang berbuka puasa yakni akan di doakan oleh para malaikat.

Dalam hal ini tercantum dalam hadist berikut:

" Orang- orang yang berpuasa telah berbuka puasa di rumah kalian, makanan kalian telah dimakan oleh orang- orang baik, dan para malaikat telah berdoa untuk kalian." ( HR Ibnu Majah nomor 1737).

Nah itulah keutamaan yang di dapatkan seseorang apabila memberikan makan kepada orang yang berbuka puasa.

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut