get app
inews
Aa Read Next : Candi Unik dan Bersejarah Berada di Atas Gunung Mojokerto, Tempat Pertapaan

Samuin Salurkan Hobi dengan Berbisnis Restorasi Vespa Jadul

Senin, 23 Januari 2023 | 13:13 WIB
header img
Samuin saat mengerjakan servis motor Vespa.(Foto: iNewsNganjuk.id/Meita)

Mojokerto, iNewsNganjuk.id,- Berawal dari hobi Samuin warga Desa Ketamas Dungus Kecamatan Puri Mojokerto, kini membuka bengkel Restorasi Vespa. Dibengkel inilah puluhan Vespa berbagai jenis dan model menumpuk untuk menunggu servis dan restorasi.

Samuin adalah satu-satunya bengkel Vespa jadul yang ada di kabupaten Mojokerto. Dia menekuni dan mendirikan servis Vespa sejak 20 tahun lalu. Setelah merantau dari Surabaya dan bekerja di bengkel motor. Pria yang memiliki tiga anak ini lalu pulang ke kampung halaman untuk mendirikan bengkel khusus Vespa.

Selain bekerja di Surabaya saat itu Samuin adalah penghobi motor Vespa bahkan pernah touring naik Vespa hingga kepelosok Jawa Timur bersama dengan komunitas Vespa.

Di bengkel ini berbagai layanan diberikan kepada pemilik kendaraan Vespa mulai dari restorasi tangki dan body, cat Vespa serta servis Vespa.

Kendaraan Vespa yang diservis merupakan model jaman dulu mulai dari tahun 1960an hingga tahun 2000an. Dengan berbagai jenis Vespa yang semua nya buatan Luar Negeri yaitu Vespa Super, Congo, PTS, Sprint dan PX.

Pekerjaan servis Vespa bukanlah termasuk mudah pasalnya kendaraan jenis Vespa lama. Sehingga berbeda penanganan nya dengan kendaraan model lain, tak jarang satu jenis Vespa bisa berminggu-minggu untuk servis.

Semua kendaraan Vespa ditangani sendiri pengerjaannya oleh Samuin ia pernah mempunyai karyawan namun karena tidak telaten karyawan nya akhirnya keluar.

Dalam sehari-hari Samuin bisa mengerjakan servis satu sampai tujuh kendaraan tergantung dengan tingkat kesulitannya. Selain Restorasi dan Servis di Bengkel ini juga menyediakan onderdil Vespa yang terkadang harus mendatangkan dari negara asalnya dengan pembelian secara online.

Tak hanya dari Mojokerto para pelanggan juga datang dari Jombang, Sidoarjo dan Pasuruan semuanya adalah penghobi Vespa lawas. Tidak hanya dari kalangan orang biasa para pelanggan juga berasal dari pejabat daerah, pegawai BUMN mempercayakan servis Vespanya ke bengkel milik Samuin.

"Mulai belajar setelah lulus SMP sekitar tahun 1990, sebelum itu saya tidak mengerti sama sekali Vespa karena pengin mempelajari saya merantau ke Surabaya dan ikut bengkel Vespa, menekuni dunia Vespa sudah 30 tahun," ungkap nya

" Sebelumnya tidak sengaja menekuni bengkel Vespa, pertama merantau ke Surabaya ikut kontraktor karena terlalu berat panas dan capek terus kepengin pindah kerja akhirnya ikut paman dan memulai belajar servis Vespa,"ungkapnya

"Alhamdulillah setelah membuka bengkel servis Vespa ini dari awal sampai sekarang tidak pernah sepi pelanggan bahkan sampai pernah menumpuk 30 Vespa,"tambahnya

Penanganan yang cukup rumit karena kendaraan jadul tarif servis dan restorasi Vespa dibandrol dengan harga bervariasi, jika hanya servis biasa hanya Rp30.000 namun jika servis perakitan dan onderdil asli bisa mencapai hingga puluhan juta rupiah.

(iNewsNganjuk.id/Meita)

Editor : Meita Nila Sari

Follow Berita iNews Nganjuk di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut