get app
inews
Aa Read Next : Hukum Marah saat Berpuasa, Perspektif Islam dan Relevansi Hadist

5 Masjid Terbesar di Dunia, No 4 Ada di Indonesia

Kamis, 16 Maret 2023 | 12:27 WIB
header img
Masjid Istiqlal merupakan Masjid terbesar di Asia tenggara yang terletak di pusat kota Jakarta. Foto: iNewsNganjuk.id/ Ilustrasi

NGANJUK, iNewsNganjuk.id,- Masjid merupakan tempat terpenting bagi umat Islam. Bangunan ini banyak kita jumpai dimana saja. Bahkan ada beberapa masjid terbesar di Dunia. Masjid - masjid tersebut tidak hanya digunakan untuk beribadah umat Islam namun juga digunakan sebagai destinasi wisata.

Bangunan masjid tersebut biasanya memiliki arsitektur yang unik dengan warna yang menarik.

Nah berikut beberapa Masjid Terbesar di Dunia salah satunya ada di Indonesia.

1. Masjid Al- Haram, Makkah

Masjid Al- Haram atau Masjidil Haram merupakan tempat ibadah bersejarah bagi umat Muslim. Masjid Al- Haram berlokasi di pusat kota Makkah dan sudah dibangun sebelum 662 M.

Masjid Al - Haram menempati posisi pertama Masjid terbesar di Dunia. Masjid ini merupakan tujuan utama dalam ibadah haji, itu sebabnya umat muslim menganggap Masjidil Haram sebagai tempat tersuci.

Secara bahasa masjid Al- Haram memiliki arti Masjid terlarang. Disebut demikian karena Masjid ini haram dimasuki oleh orang yang musryrik dan kafir.

Luas kompleks Masjidil Haram mencapai 374.000 meter, dan sanggup menampung  sekitar 1 hingga 2 juta jamaah.

2. Masjid Nabawi, Madinah

Masjid terbesar di dunia selanjutnya, yakni Masjid Nabawi yang berada di Madinah , Arab Saudi. Masjid Nabawi juga menjadi destinasi utama para jamaah haji dan umroh, pasalnya menurut sejarah Islam Masjid ini merupakan tempat Nabi Muhammad SAW tinggal setelah hijrah ke Madinah pada tahun 622 Masehi.

Tak hanya itu makam Nabi Muhammad SAW juga berada di dalam kompleks Masjid Nabawi. Saat musim haji tiba Masjid ini biasanya dipenuhi oleh umat Islam yang ingin berziarah ke makam Rasulullah SAW.

Dengan luas sekitar 400.000 meter persegi, Masjid Nabawi dapat menampung sekitar 1 juta jamaah.

3.  Masjid Faisal, Pakistan

Masjid terbesar di Dunia berikutnya yakni, Masjid Faisal. Masjid yang terletak di Islamabad, Pakistan ini di bangun oleh pemerintah Arab Saudi. Berada di kaki bukit Margella.

Masjid ini tampak berdiri dengan megah dan indah, ruang untuk sholat sendiri berupa bangunan berbentuk empat sisi atap segitiga. Dengan luas 5000 meteran persegi Masjid Faisal dapat menampung sekitar 300 ribu jamaah.

4. Masjid Istiqlal, Jakarta

Madjid Istiqlal merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara yang terletak di pusat Jakarta. Tak hanya besar Masjid Istiqlal ini juga sangat mewah dan indah.

Pembangunan Masjid Istiqlal di mulai pada 24 Agustus 1961 dan diresmikan pada tanggal 22 Februari 1978.

Di Masjid ini anda dapat melihat menara dengan ketinggian lebih dari 96 meter. Sebagai Masjid terbesar, Masjid Istiqlal  mampu menampung hingga 200 ribu jamaah.

5. Masjid Hassan 2, Maroko

Masjid Hassan 2 merupakan masjid terbesar di dunia yang ada di Casablanca, Maroko. Masjid ini mencolok tidak hanya karena ukurannya yang besar tetapi karena keindahannya. Pemandangan Samudra Atlantik yang menakjubkan terlihat jelas dari kaca Masjid yang besar.

Masjid ini memiliki luas sekitar 9 hektar. Masjid Hassan 2 mampu menampung sekitar 150 ribu jamaah.

Itulah lima Masjid terbesar di dunia selain menjadi tempat ibadah umat Islam juga bisa menjadi destinasi wisata. Selain megah dan besar Masjid tersebut juga memiliki nilai sejarah masing-masing yang semakin memperkaya sejarah kebudayaan Islam di Dunia.
 

Editor : Meita Nila Sari

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut